Pages

Subscribe:

Sabtu, 12 Mei 2012

SILABUS MATA KULIAH


  1. Identitas Mata Kuliah
Nama Mata Kuliah  : Teknologi Pembelajaran PAI
Kode Mata Kuliah  :
Jumlah SKS            : 2 (dua)
Semester                : Ekstensi Tumpang 2010
Status Mata Kuliah : Mata Kuliah Dasar Keahlian
Prasyarat                : -
Dosen                    : Weli Arjuna Wiwaha, M.PdI
TA                         : 2012-2013 M

  1. Rasionalisasi Mata Kuliah
Perkembangan teknologi membuat pendidikan semakin berkembang pesat, terutama dalam mencari dan mengaplikasikan keilmuan dalam bentuk media-media pembelajaran yang lebih variatif. Teknologi bukanlah sesuatu yang akann menghapus atau menghilangkan ilmu, ia adalah jalan dan jembatan untuk bisa mendapatkan dan mengembangkannya lebih cepat dan dan mudah. Taruh saja dengan perkembangan buku elektronik berupa e-book membuat orang semakin mudah mengakses ilmu, ditambah lagi dengan perkembangan teknologi android yang dapat dimanfaatkan oleh setiap orang kapan saja dan di mana saja.
Tidak ketinggalan juga ilmu keislaman yang menjadi bahan ajar di tingkat madrasah maupun sekolah dalam bentuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Di mana ada tuntutan sesuai dengan perkembangan zaman, sehingga dapat dipelajari dengan mudah dan menarik. Selama ini ada anggapan bahwa PAI hanya mengajarkan halal dan haram saja, sehingga anak murid merasa ketakutan mempelajarinya. Atau ada anggapan bahwa PAI mempelajari berbagai macam bentuk kitab kuning atau kitab tebal yang tidak memungkinkan orang bisa mempelajari dengan cepat.
Oleh karena itu, dengan perkembangan teknologi informasi yang canggih, seseorang terutama guru yang mengajarkan PAI mampu memanfaatkan kemanjuan teknologi dalam proses pembelajaran di kelas, sehingga pelajaran PAI dapat dicerna dengan lebih baik dan mudah oleh siswa. Minimal seorang guru sudah mengenal dan mampu mengoperasikan komputer, sehingga dapat membuat berbagai bentuk pembelajaran yang inovatif dan menarik, baik dalam bentuk software maupun hardware.

  1. Deskripsi Isi Mata Kuliah
Dalam perkuliahan ini dibahas mengenai konsep teknologi pembelajaran dimulai dari perkembangan historisnya, pergeseran dari teknologi pendidikan kearah teknologi pembelajaran, hingga kawasan teknologi pembelajaran PAI, yang meliputi teori dan praktek dalam desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, penilaian dan penelitian proses, sumber, dan system untuk belajar di luar system persekolahan. Perkuliahan ini, initnya, memberikan dasar pemahaman untuk mengkaji pemanfaatan dan implementasi teknologi dalam pembelajaran pendidikan luar sekolah.

  1. Rincian Pertemuan Materi Perkulihan
  1. Pertemuan 1 : Orientasi perkuliahan, yang meliputi: tujuan matakuliah, ruang lingkup matakuliah, kebijakan pelaksanaan perkuliahan, kebijakan penilaian hasil belajar, tugas yang harus diselesaikan, buku ajar yang digunakan dan sumber belajar lainnya. Dan landasan historis Perkembangan Teknologi Pembelajaran
  2. Pertemuan 2 : Pengertian dan Pergeseran Istilah Educational Technology ke arah Instructional Technology dan Kawasan Teknologi Pembelajaran PAI
  3. Pertemuan 3 : Disain/perancangan Teknologi Pembelajaran PAI dan Pengembangan Teknologi Pembelajaran PAI
  4. Pertemuan 4 : Evaluasi Teknologi Pembelajaran PAI dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Teknologi Pembelajaran PAI
  5. Pertemuan 5 : Praktek Teknologi Pembelajaran PAI
  6. Pertemuan 6 : Aplikasi dan Prospek Teknologi Pembelajaran PAI dan Penelitian dan Pengembangan Teknologi Pembelajaran PAI
  7. Pertemuan 7 : Ujian Akhir Semester tertulis

  1. Pendekatan Pembelajaran
Metode : Ceramah, Tanya jawab, Diskusi
Tugas : Makalah, laporan buku, observasi, praktek/simulasi
Media : Video/CD, LCD, Nara Sumber

  1. Evaluasi
Keberhasilan mahasiswa dalam perkuliahan ini ditentukan oleh prestasi yangdicapai oleh yang bersangkutan dalam:
  1. Kehadiran di kelas (35 %)
  2. Partisipasi dalam kegiatan pembelajaran di kelas (15 %)
  3. Laporan tugas-tugas perkulihan (20 %)
  4. Ujian Akhir Semester (UAS) (30 %)

  1. Daftar Rujukan

  1. Goldberg, Alvin & Larson, Carl E. Koesdarini (penerjemah).1985. Komunikasi kelompok. Jakarta. UI Press.
  2. Jogiyanto. 2003. System Teknologi Informasi. Yogyakarta. ANDI.
  3. Leslie Rae. 2005. Using Presentation. Jakarta. Bhuana Ilmu Populer.
  4. Nasution. 2005. Teknologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
  5. Onong, Uchjana. 1992. Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktik. Bandung. Remaja Rosdakarya.
  6. Pratikto, Riyono. 1987. Berbagai Aspek Ilmu Komunikasi. Bandung. Remaja Karya.
  7. Prawiradilaga, Dewi Salma & Eveline Siregar. 2007. Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta. UNJ.
  8. Sagala, Syaiful. 2008. Konsep & Makna Pembelajaran. Bandung. Alfabeta.
  9. Sendjaja, Djuarsa. 1994. Teori Komunikasi. Jakarta. UT.
  10. Sudjana, Nana. 2009. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung. Sinar Baru Algesindo.
  11. Tilaar. 2005. Manifesto Pendidikan Nasional. Jakarta. Gramedia.
  12. Warsita , Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta.
  13. Yusuf dkk (penerjemah). 2008. Manajemen Pembelajaran & Instruksi Pendidikan. Yogyakarta. IRCiSoD


0 komentar: